Wednesday, August 14, 2013

Penyebab VGA Card Sering Rusak


Kadang ketika kita sedang asyik bermain computer tiba-tiba computer restart sendiri. karena sering sertart VGA card yang ada di computer itu akan cepat rusak.
Gejala VGA yang rusak adalah di layar akan tampak bintik-bintik, garis horizontal, kotak-kotak berwarna, huruf yang ngacak dan kalo udah parah banget tuh layar blank alias gak ada gambarnya dan kadang muncul blue screen. Penyebabnya bisa dari VGA cardnya kotor oleh debu sehingga menimbulkan panas, atau bisa juga dari tegangan yang masuk kurang, sehingga kinerja mobo anda tidak maksimal, computer sering restart dan mengakibatkan kerusakan pada VGA card. Kurangnya tegangan voltase listrik bisa dari PLN atau bisa juga dari PSU ( Power Suplay Unit ) yang rusak.
Power Suplay Unit
Bersihkan VGA Card dan slotnya dengan menggunakan kuas jika perlu pakai cairan Alkohol, minyak kayu putih atau bisa juga dengan penghapus pensil.
Untuk mengetahui tegangan naik turunya Voltase tegangan listrik langkah pertama adalah mengecek Indikator Stabilizer apakah jarumnya di titik 220 volt apa nggak? Jika jarumnya dititik 210-220 volt berarti tegangan dari PLN normal. cek juga Power suplay yang ada di CPU apa kondisinya masih baik? Buka box Power suplay, cek satu persatu komponenya apa ada yang kebakar atau nggak? Jika komponen PSU rusak lebih baik anda ganti dengan PSU yang baru. Tapi jika anda mengerti masalah hardware silahkan ganti komponen PSU yang rusak tadi. Kerusakan di komponen PSU biasanya terletak pada Kipas PSU mati, dioda FR 153 atau sejenis, diikuti dengan Kondensator Elektrolit ( Elco ) pecah atau mungkin dari komponen yang lain.

0 comments:

Post a Comment